10 Kelebihan Sistem Operasi Linux yang Jarang Diketahui

Linux adalah salah satu sistem operasi yang gratis, dan juga terbuka atau open source, hal tersebut menjadikan linux memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah :

  1. Lebih Efisien, dan Murah, sistem operasi linux memang lebih murah dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, seperti windows dan sistem operasi lain yang memakan biaya sekitar lebih dari Rp 500.000 hanya untuk mendapatkan sebuah lisensinya yang asli, namun linux dapat diperoleh secara gratis, selain itu kalian juga dapat memodifikasi sistem tersebut.
  2. Sistem Operasi yang Memiliki Code 32 Bit, dengan adanya code 32 bit ini, linux dapat menjalankan software dengan sangat lancar, kalian tidak perlu khawatir dikarenakan bit yang tidak seimbang, apabila kalian menggunakan linux operating system milik linux ini tidak akan membuat komputer kalian hang.
  3. Tingkat Security yang Cukup Baik, tingkat keamanan atau security dari linux ini juga tergolong cukup baik, dan juga tidak kalah dengan sistem operasi lainnya seperti halnya windows, Macintosh, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa user memaparkan bahwa sistem keamanan linux adalah yang terbaik dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.
  4. Tampilan Grafik yang Baik, mungkin beberapa dari kalian akan menganggap bahwa tampilan yang dimiliki oleh linux sangat buruk karena linux adalah sistem yang gratis, namun pada kenyataannya linux memiliki grafik yang bagus, dan juga eye catching. Distro linux yang menggunakan sistem dengan full grafis, dimana semua perintahnya menggunakan grafis yang keren.
  5. Mudah Untuk Melakukan Modifikasi Terhadap Source Code, untuk para ahli komputer sistem linux ini biasanya dianggap unik, karena source code linux merupakan jenis source code yang terbuka, selain itu linux juga menggunakan bahasa C. hal tersebut lah yang menjadikan linux dapat dimodifikasi sedemikian rupa oleh para user.
  6. Penggunaan yang lebih Terspesifikasi, linux memiliki banyak pilihan pilihan yang dapat menyesuaikan kebutuhan para usernya. Sebagai contohnya adalah para user yang membutuhkan sistem operasi untuk server maka para user tersebut bisa menggunakan Redhat, dan lain sebagainya
  7. Cocok Bagi Kalian yang Menyukai Dunia Komputer, kalian menyukai dunia komputer yang terkadang sekedar sekedar penasaran untuk mempelajari sistem yang ada komputer? Nah linux adalah salah satu alternatifnya, mengapa?

    Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak

Karena linux sendiri memiliki lisensi yang dapat diubah dengan suka-suka, selain itu lisensinya juga bersifat terbuka atau open source, maka hal tersebut lah yang menjadikan linux merupakan salah satu sistem operasi yang cocok untuk kalian kembangkan, sehingga mendapatkan performa yang sangat maksimal.

  1. Cocok untuk Dijadikan Komputer Server, sistem operasi linux ini merupakan sistem operasi yang dapat dikatakan stabil, selain itu linux juga dikategorikan sebagai sistem operasi yang cepat. Maka hal tersebut sangat memungkinkan bahwa linux bisa dijadikan sistem operasi sebagai server, maupun admin.
  2. Spesifikasi Hardware yang Tidak Terlalu Besar, yang paling penting adalah penggunaan spesifikasi hardware yang dibutuhkan juga sangat rendah, maka kalian tidak perlu khawatir dengan adanya spek komputer kalian yang rendah, kalian tetap bisa mengoperasikan linux.
  3. Mencegah Pembajakan Hak Cipta, saat ini pembajakan pemakaian operasi sistem windows sudah sangat marak terjadi, maka dari itu user yang menggunakan linux merupakan user yang menghargai penghargaan terhadap hak cipta, dengan tidak menggunakan produk bajakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *