Hilangkan Nyeri Dengan Metode Farmakologi  Bag2

Entonox bekerja secara langsung pada otak Mama, dengan mematikan semua rasa sakit yang ditangkap oleh otak. Obat bius hirup ini menimbulkan efek ringan dan baru bekerja pada 30 menit setelah digunakan. Sejauh ini tak ada efek samping yang membahayakan untuk Mama dan bayi, tetapi Mama bisa merasa mual, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi. • ILA (Intrathecal Labour Analgesia) Pada metode ILA, dokter anestesi menyuntikkan obat ke rongga daerah serabut saraf di tulang belakang bagian bawah.

“ Lowonga  kerja ke luar negeri dengan Program ausbildung di Jerman gratis “ sat-jakarta

Sehingga nyeri dapat dihilangkan atau dikurangi tanpa menganggu proses persalinan. Mama pun tetap dalam kondisi sadar. Penyuntikan obat dilakukan pada posisi duduk atau berbaring miring, obat bekerja segera setelah penyuntikan. ILA diberikan bila proses persalinan sudah terjadi yang ditandai timbulnya kontraksi dan rasa nyeri. Efek menghilangkan rasa nyeri bisa berlangsung terus menerus selama proses persalinan.

Meski begitu, Mama masih dapat merasakan nyeri ringan saat rahim berkontraksi. Otot-otot tungkai juga akan serasa sedikit kesemutan dan lemas. ILA tak memengaruhi kemampuan Mama untuk mengejan. Bahkan, membuat Mama lebih nyaman untuk mengejan tanpa rasa sakit. Meski jarang terjadi, efek yang bisa timbul seperti: mual, penurunan tekanan darah, dan gatal-gatal ringan.

Bobot Stabil Trimester Kedua

Baik untuk para mama yang memiliki berat badan (BB) proporsional maupun berlebihan atau obesitas, trimester 2 adalah kesempatan paling baik untuk mencapai berat badan ideal kehamilan. Riset yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition, mengungkap, jika para mamil yang overweight atau obesitas mengalami kenaikan BB berlebihan pada trimester 2, mereka berisiko 90% untuk mengalami kenaikan BB terlalu banyak pada akhir kehamilan.

Sementara, mama dengan BB normal, jika bisa bertahan pada tataran yang dianjurkan selama trimester 2, ada 77% kemungkinan akan mengalami pertambahan BB yang normal hingga akhir kehamilan. “Intinya, mama perlu memastikan agar berat badannya sesuai dengan yang direkomendasikan dan upaya ini perlu dilakukan sedini mungkin, seperti pada awal trimester 2,” kata Rüdiger von Kries, peneliti dari Institute of Social Pediatrics and Adolescent Medicine di LudwigMaximilians University Munich, Germany.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *