Hilangkan Nyeri Dengan Metode Farmakologi

Untuk metode farmakologi, dokter umumnya akan menyarankan: • Pembiusan/Anestesi Regional Ini cara paling umum dipilih lantaran efektif mengurangi sakit. Anestesi atau pembiusan bisa membuat bagian bagian tubuh tertentu menjadi mati rasa dan kebal terhadap rasa nyeri. Ada dua jenis anestesi yang bisa dipilih, yaitu epidural dan spinal. Kombinasi untuk dua pembiusan itu juga dapat diterapkan.

“ tempat terbaik kursus bahasa Jerman di Jakarta Selatansat-jakarta.com

Dengan epidural, obat akan disuntikkan di luar lapisan yang menyelimuti saraf tulang belakang, Mama akan mati rasa 10-20 menit kemudian. Sementara pada pembiusan spinal, obat disuntikkan lebih dalam dan mendekati saraf tulang belakang, efeknya bisa langsung terasa setelah penyuntikan. Oh ya, pada pembiusan spinal, obat yang digunakan berdosis lebih rendah dari epidural. Menurut riset, kedua anestesi ini aman untuk Mama dan janin.

Memang, ada efek samping tapi jarang terjadi, seperti: menurunkan tekanan darah, sakit kepala, gatal-gatal ringan saat persalinan, kaki terasa berat, kesemutan, dan sulit buang air kecil. • Anestesi Lokal Anestesi lokal berguna pada waktu dokter melakukan penyayatan (episiotomi) di area perineum (antara vagina dan anus). Selain itu, juga bermanfaat saat dokter menjahit vagina setelah melahirkan. Caranya, obat anestesi disuntikkan ke dalam jaringan perineum. Teknik ini umumnya aman, baik bagi Mama maupun janin.

Meski jarang untuk terjadi, metode ini dapat menyebabkan alergi dan menurunkan tekanan darah. • Petidin Obat petidin disuntikkan ke dalam otot paha atau bokong. Setelah 20 menit, obat memberikan efek dan bisa bertahan 2-4 jam. Selama itu Mama akan merasa relaks, sehingga rasa sakit sedikit berkurang. Selain petidin, diamorf n juga bisa disuntikkan sebagai alternatif. Namun, metode ini bisa membuat beberapa mama merasa pusing, mual, bahkan lupa.

Petidin juga berpotensi mengganggu pernapasan bayi jika diberikan terlalu mendekati waktu ia keluar dan mengganggu aktivitas menyusu dini. • Entonox Entonox adalah metode untuk mengurangi rasa sakit melalui inhalasi atau penghirupan, memakai campuran oksigen dan oksida nitrogen (nitrous oxide). Saat kontraksi datang, Mama dapat menghirup obat ini dengan menggunakan masker.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *