Keberhasilan Jadi “Obat” Kegagalan Bag3

“Obat” Dan “Penawar” Rasa

Menurut Della, merasa berhasil merupakan “obat” yang harus dikonsumsi oleh seorang mama setiap harinya. Bukan untuk membuat dirinya “sombong” melainkan untuk menjalani masa-masa berat dalam pengasuhan anak (terutama di usia dini) dengan semangat yang tak pernah padam. Contoh, ketika anak tidak mau menghabiskan makanan atau melepehnya, cobalah untuk tetap merasa berhasil, setidaknya dengan memaknai bahwa anak sedang ingin bermaindengan kita.

“ info program beasiswa kuliah di Jerman gratis S1 S2 full “ upstory

Lihatlah, bukanlah lucu melihat mereka membuka mulut saat kita memasukkan makanan, dan tidak lama kemudian dia lepeh kembali tanpa sebab. He he he…. mungkin ini terlihat “bodoh”, namun di kepala anak ini merupakan bentuk eksperimen yang “hebat”. Tidak ada salahnya ikuti saja dulu hingga tercapai kepuasan di diri anak. Jika tidak, gunakan situasi ini untuk memancing kreativitas kita.

Mungkin sudah waktunya kita membuat kreasi baru dalam makanan mereka. Atau sudah masanya kita mengecek apakah terjadi perkembangan yang pesat pada selera makan anak, sehingga mereka mulai memilih makanan yang mereka sukai saja. Nah, Mama tetaplah menjadi orang yang paling sabar di dunia, yang pa ling berani, dan tetaplah menjadi mama yang penuh kasih dan sayang, ya.

Tip dan Trik Hadapi Ketakesempurnaan

Satu hal yang perlu diingat oleh mama baru, menurut Della, ketika menghadapi kegagalan sebagai ibu, berdiskusilah dengan orangtua-orangtua. “Aku melakukannya dengan para orangtua yang kunilai sukses. Banyak tip yang kemudian aku adopsi dan terapkan dalam mengasuh anakku. Perlu diketahui, ilmu pengetahuan tentang perkembangan anak, termasuk konsep pengasuhan efektif, sebagian besar dikembangkan atas pengalaman praktis terbaik para orangtua di sepanjang zaman. Jadi, jangan mengecilkan pengetahuan praktis para ibu ‘senior’ di sekitar kita.”

Jadi, saran Della, bagi mama baru, sebaiknya jangan biarkan diri terjebak dalam trial error mengasuh anak yang justru membuat kondisi menjadi lebih buruk. Cara paling praktis adalah meniru. Jangan gengsi dan membuat standar yang tidak realistis, karena pada prinsipnya mengasuh anak itu “fun”. Tip lainnya, anak adalah mahluk sederhana dalam berpikir, merasa, dan bertindak. Maka cobalah menjadi seperti mereka, ikutlah kebodohan dan keceriaan anak-anak, jangan terus berada di atas atau merasa lebih pintar dari mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *