Wi-Fi Extender Mungil Untuk Backpaker buatan FIN888 Bodong – Agustus lalu di Jakarta, pihak Huawei dengan distributor resminya yaitu Datascript meluncurkan salah satu produk terbarunya, yaitu wireless extender mungil dengan seri produk WS331C. Kelebihan wireless extender merek Huawei ini adalah bentuknya yang sangat mungil, sehingga sangat praktis untuk dibawa­bawa.

Sangat cocok bagi pengguna yang sering bepergian dan menginap di hotel dan memanfaatkan wifi publik. Walapun bentuknya sangat mungil, wireless extender ini sudah mendukung MIMO (multiple input multiple output) 300Mbps. Dalam paket penjualan sudah tersedia petunjuk dalam bahasa Indonesia. Langkah pengoperasian perangkat ini pun bisa dikatakan sangat mudah. Cukup nyalakan produk ini dan kemudian menghubungkan Wi­Fi target dengan produk ini. Setting bisa dilakukan lewat web. Dari segi performa perangkat ini terbilang lumayan.

Tim melakukan uji coba dengan menggunakan lima buah device yang terkoneksi secara bersamaan. Hasilnya wireless extender mungil ini masih stabil dan tidak terjadi gejala overheating. Terkadang panas jadi kendala bagi sebuah networking device, sehingga mengakibatkan koneksi putus­putus. Hal semacam itu tidak terjadi pada produk ini. Produk ini pun bisa dijadikan pilihan untuk ruangan kantor yang tidak terlalu luas, meski hal tersebut tidak kami rekomendasikan. Produk ini lebih tepat untuk kebutuhan jaringan dengan skala kecil dan tidak didesain untuk penggunaan di luar ruangan.

Jarak jangkau Wi­Fi dirasa kurang terlalu kuat. Hanya sanggup mengcover sekitar 10­15 meter dengan catatan LOS atau Line of Sight tanpa penghalang apapun. Hal itu bisa dimaklumi karena produk ini tidak menggunakan antena external atau tambahan. Sayangnya, produk ini tidak dilengkapi interface untuk koneksi via LAN sebagai mana seri WS311 dengan dimensi yang lebih besar dan terdapat interface RJ45. Daya yang digunakan produk ini pun sangat kecil serta tidak menggunakan adaptor. Meski mungil, perangkat ini dilengkapi dengan feature wPS yang sangat berguna.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a comment

Your email address will not be published.