Jika, misalnya, anak laki-laki senang memakai baju perempuan, kita harus memberikan pengertian sesuai bahasa anak dengan cara yang positif” kata Yohana. Ia pun lantas mencontohkan satu kasus yang ditemuinya. “Ada anak laki-laki yang karena merasa mendapat perhatian khusus dan dianggap lucu oleh ibunya setiap kali merias wajahnya dengan make-up, lantas menjadikan perilaku itu sebagai kebiasaan.

Baca juga : ausbildung jerman

Ibunya kaget ketika suatu hari anak laki-lakinya menyatakan dirinya lebih nyaman jika memakai baju dan riasan perempuan.” Diskusi mengenai pola asuh bagi anak laki-laki dan perempuan ini berhasil memancing hadirin untuk menceritakan pengalaman masa kecilnya dulu dan bagaimana mereka mendidik anak-anaknya sekarang. Satu hal yang menarik, “Main boneka atau masak-masakan boleh saja dilakukan anak laki-laki,” kata Yohana. Tentu saja, karena boneka macam-macam bentuknya dan bisa menjadi sahabat bagi anak laki-laki.

Main masak-masakan pun bisa dikembangkan menjadi skill yang bermanfaat bagi anak laki-laki. TENTANG KELAINAN TULANG Sebelum sesi terakhir dimulai, para ibu disuguhi demo merias wajah yang dipersembahkan oleh tim dari Maybelline. Barulah setelah itu topik “Deteksi Dini Kelainan Tulang pada Balita” dibawakan oleh dr. Jaka Fatria Y., Sp.OT dari RS MH Thamrin, Salemba, Jakarta. “Semua pertumbuhan dan perkembangan anak sejak masa awal kehamilan sampai lahir sa ngatlah penting. Sekarang dengan USG 4 dimensi, pertumbuhan tulang kepala janin bisa dilihat, begitu pula tulang punggung yang lurus atau bengkok. Jadi, begitu lahir langsung bisa dilakukan tindakan.

Selanjutnya, setelah anak lahir pantau terus apakah di usia 6-7 bulan ia sudah bisa duduk, dan setelah 1 tahun bisa berjalan. Kalau ada kemampuan yang belum muncul di usia yang seharusnya, segeralah konsultasikan ke dokter. Umumnya skrining pertama dilakukan oleh dokter anak,” ujarnya. Begitu banyak ilmu dan informasi yang didapat dari parenting class nakita bersama Tulip Cipta Kreasi kali ini. Sebelum sore berlalu, kelas pun ditutup dengan pengumuman para pemenang lomba mewarnai dan menggambar untuk anak, yang didukung majalah Bobo, Faber Castell, dan Bank Mega.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published.