Kue Lumpur ala Nasi Nasi Kotak Jakarta Selatan

Kue Lumpur ala Nasi Nasi Kotak Jakarta Selatan – Kue lumpur buatan Erna cukup unik. Ia tak menjadikan irisan nangka, kepala muda, keju, atau bubuk green tea sebagai toping kue lumpurnya. Erna justru mencampurkan bahan-bahan toping tadi ke dalam adonan kuenya. hasilnya, ketika kue lumpur digigit, tekstur kelapa muda, nangka, keju, green tea, durian, atau cokelat yang ditambahkan ke dalamnya akan langsung terasa. Usaha yang sudah dijalani Erna selama 2 tahun ini, merupakan kegiatan yang sengaja dilakukannya untuk membunuh waktu luangnya.

“Saya ibu rumah tangga yang ingin punya kegiatan di rumah. lalu saya ikuti kursus masak dan mendapatkan resep kue lumpur muda mudi Jaya, yang sangat terkenal di Sidoarjo. Setelah tahu resepnya, saya modifikasi agar hasilnya lebih menarik,” tuturnya. Erna tak menggunakan bahan kentang. Alasannya, agar didapat tekstur kue lumpur yang benar-benar lembut di lidah. “Tanpa tambahan kentang, hasil kue lumpurnya benar-benar lembut seperti lumpur.

Teksturnya mirip klapertart, paparnya. Erna juga menerapkan proses pembuatan kue lumpur yang unik. Bahan isinya dimasukkan dulu ke dalam cetakan lalu disiram adonan. Tahap terakhir, adonan ditutup alat penutup yang dilengkapi arang press. hasilnya, bagian atas kue lumpur tampak kecokelatan dan memiliki aroma khas. “penggunaan arang press membuat kue lumpur matang merata bagian atas dan bawahnya. Aromanya pun lebih harum,” ujarnya.

Menariknya lagi, Erna masih menggunakan kompor minyak tanah untuk mematangkan kue lumpurnya. Yang paling sulit, katanya, membuat kue lumpur isi durian. “Buah durian teksturnya sangat lembut. Ketika dicampur ke dalam adonan, hasilnya mudah hancur. Untuk dapat resep yang pas, saya harus uji coba 4 kali,” kisah Erna yang rata-rata terima pesanan 2.500 kue lumpur per hari, yang dijual seharga Rp 2.500-Rp 3 ribu per buah.

Kue lumpur yang bisa ditemui di pasaran saat ini, tak hanya satu rasa saja. Kini semakin banyak penjual kue lumpur menawarkan cita rasa tak biasa, bahkan diberi aneka toping. Kelezatan kue tradisional ini tentu saja semakin terangkat.

Sumber : https://salamacatering.com/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *