Tentukan Posisi Bersalin Sekarang Bag2

Penelitian lain mengungkapkan, posisi jongkok bisa menjadi posisi alternatiI saat proses persalinan. Salah satunya, penelitian yang dipublikasikan United States National Library oI Medicine (2014) memaparkan bahwa posisi jongkok memberikan peningkatan ruang di panggul dibanding posisi berbaring, sehingga dapat mengurangi rasa sakit/nyeri yang dirasakan mamil saat melahirkan.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Secara psikologis, posisi litotomi memang dapat membuat Mama merasa nyaman dan aman. Hal ini dikarenakan adanya persepsi Mama bahwa posisi litotomi adalah posisi melahirkan yang lazim dilakukan, sehingga membuat Mama merasa lebih mantap melakukannya dibanding posisi lain yang Marang dilakukan. Namun, tak menutup kemungkinan dokter/ bidan akan meminta Mama mengubah posisi atau mengombinasikan posisi yang berbeda agar proses persalinan berjalan lancar.

Misalnya, pada awal persalinan Mama diminta berbaring, namun karena proses kelahiran berjalan lamban, maka dokter/bidan menganjurkan mama mengubah posisi menjadi miring ke kiri/kanan agar mama dapat mengejan lebih kuat serta mempercepat penurunan kepala bayi. PILIH YANG PALING NYAMAN Apakah hal ini berarti posisi litotomi adalah posisi terbaik untuk melahirkan” yang jelas, bagi sebagian penolong persalinan, posisi litotomi merupakan posisi terbaik untuk mama, bayi, juga dokter/bidan.

Pasalnya, litotomi memungkinkan Mama membuka kaki selebar-lebarnya sehingga jalan lahir terbuka lebih luas dan memudahkan penolong persalinan dalam menjaga keamanan proses persalinan serta keselamatan bayi. Namun, ada pula penolong persalinan yang berpendapat, proses persalinan tidak harus selalu dengan posisi litotomi, masih banyak posisi lainnya yang bisa dipilih. Sebenarnya, memang tidak ada posisi yang terbaik, kok, Ma. Posisi yang membuat Mama dan bayi paling nyaman merupakan posisi yang paling ideal. Terus, pilih posisi apa, ya, saat persalinan nanti?

Hmm, keputusan ada di tangan Mama Papa, terutama Mama yang akan menjalani persalinan tersebut. Sebagai pandangan dalam pengambilan keputusan, sebaiknya Mama Papa berdiskusi kepada dokter obgin/bidan yang akan membantu dalam proses persalinan kelak. Bila belum yakin, Mama bisa mencari opini kedua atau ketiga. Yang terpenting saat melakukan proses persalinan, Mama harus merasa nyaman serta mengutamakan keselamatan Mama dan bayi. Nah, selamat mempersiapkan proses persalinan, ya, Ma! Semoga lancar dan sehat semua.

Sumber : https://pascal-edu.com/

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *