Memberikan Contoh, Bukan Perintah

Mendidik anak dengan contoh itu mujarab. Tapi, tak cukup menjadi orangtua yang pandai untuk bisa melakukannya, karena butuh kesabaran dan ketenangan dalam menerapkannya. W alau tak pandai melucu dan hanya kebagian jadi pemeran pembantu di acara Septha Setiono (29) sebagai Neng Ini Talkshow, kehadiran Maya Maya kerap dinantikan pemirsa.

Baca juga : Kerja di Jerman

Sayangnya, sudah beberapa kali ia tak muncul di antara Sule dan Andre Taulany dalam acara tersebut. Ternyata, absennya Neng Maya disebabkan kehamilannya yang semakin besar, sudah masuk trimester akhir. “Ha ha ha… iya, nih, banyak yang nanyain saya kenapa tidak muncul lagi bersama Kang Sule, Andre, dan lainnya. Ya… mau gimana lagi, perut sudah segede ini,” paparnya polos, khas Neng Maya.

Selain itu, Maya juga punya “PR” dengan putra sulungnya, Devon Sidarta (2,5). “Sebagai ibu, saya takut Devon cemburu. Maka itu, saya o? syuting supaya bisa lebih dekat dengan Devon. Sekarang mungkin Devon tampak enjoy, tapi saat adiknya sudah lahir dan saya harus selalu berdekatan dengan adiknya, mungkin Devon akan bertanya-tanya, ’Kenapa Mami gue jadi begini?’” papar istri dari Krisna Sidarta (30) ini.

Untuk menumbuhkan kasih sayang Devon pada sang adik, dari sekarang Maya sudah menjelaskan bahwa Devon akan menjadi seorang kakak. Ia pun selalu mengajak putra sulungnya itu berinteraksi dengan si adik bayi yang masih ada di dalam perut: dari mengelus-elus perut hingga merasakan gerakangerakan si adik. Soal caranya mengasuh Devon, Maya selalu berusaha memberikan contoh, bukan sekadar perintah. Untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, misalnya, Devon selalu dibiasakan membereskan mainannya.

“Namun, saya dulu yang beres-beres, baru mengajaknya ikut serta,” ujar Maya. Kenapa harus selalu dengan contoh? Menurut Maya, anak-anak, apalagi seusia Devon, belajar dengan cara meniru. “Jadi, apa yang dilihatnya dalam keseharian, terlebih dari orangtua, itu yang akan diikutinya,” terang Maya. Ia pun mengakui, gaya pengasuhannya agak berbeda dengan orangtuanya dulu, yang lebih banyak mengatur, menyuruh, dan anak tidak bisa menawar.” Ya, ya… zaman sudah berubah. Semoga dengan hadirnya sang adik tidak lama lagi, Devon jadi tambah semangat meniru hal-hal baik yang dicontohkan mami dan papinya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *