1. Bangun motivasi anak. Tidak semua anak sadar akan bakat besarnya dan berminat terhadap bidang bakatnya tersebut. Tugas orangtualah untuk menyadarkan anak dan memotivasinya agar ia mau dan semangat untuk mengembangkan bakatnya itu. Kata-kata sederhana seperti, “Kakak, suaramu bagus, lo. Kamu berbakat menyanyi,” bisa menyadarkan anak akan bakatnya. Kemudian, kita bangun moti?asinya untuk mengembangkan bakatnya itu, “Kamu ingin pintar menyanyi seperti Agnes Mo, kano Kamu harus rajin latihan. Agnes bisa go internasional karena berlatih keras.”

2. Latihan dan latihan. Meski berbakat besar tetapi untuk menjadi luar biasa diperlukan latihan yang tidak biasa. Alif, misalnya, hampir setiap hari ia berlatih sepak bola di rumah dan di klub. Orangtuanya meyakini, cara inilah yang akan membuat Alif menjadi pemain sepak bola besar nantinya. Jika latihannya standar, maka kemampuannya pun akan standar meski bakatnya besar.

Sangat mungkin akan kalah oleh anak lain yang bakatnya biasa-biasa saja namun latihannya lebih keras. Bahkan, demi memberikan latihan yang terbaik, Alif harus pindah dari satu klub sepak bola ke klub sepak bola lain. Saat ini, ia berlatih di klub yang memiliki program latihan kelas dunia, yakni di Akademi Sepak Bola Ajax Amsterdam. Intinya, latihan dan latihan harus dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak menjadi luar biasa.

3. Ikut lomba atau pertandingan. Latihan saja tidak cukup, kita perlu mengikutkan anak ke sebuah ajang perlombaan atau pertandingan. Di dalam perlombaan atau pertandingan, anak akan mengukur sejauh mana tingkat kemampuannya dibandingkan anak lain. Selain itu, perlombaan atau pertandingan pun akan menguji kekuatan mental anak di dalam sebuah persaingan.
al ini sangat penting untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan dan mental anak. Sebaiknya, demi mengukur kemampuan anak, lomba atau pertandingan yang diikuti harus berjenjang. Bermula dari tingkat wilayah, lalu daerah, provinsi, nasional, regional, bahkan internasional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *