Masalah Lainnya

Genting pecah bisa jadi disebakan karena genting tertimpa benda seperti kejatuhan buah atau batang pohon. Bila sudah begini, perbaikan yang bisa Anda lakukan tergantung dari kondisi genting yang pecah tersebut. Jika genting sudah rusak parah maka Anda harus melakukan penggantian dengan yang baru. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menutup bagian genting yang pecah tersebut dengan plastik atau terpal terlebih dahulu agar air hujan tidak masuk.

Namun jika genting hanya retak, Anda masih bisa mengakalinya dengan mengaplikasikan tambalan atau waterproofng dan serat fiber. Menurut Agus Hari Setiawan, arsitek dari Cubicon Indonesia, pencegahan genting bocor harus dilakukan dengan pemasangan yang tepat. “Untuk saat ini cara yang paling tepat adalah menggunakan aluminium foil untuk pelapis sebelum pemasangan genteng,” kata Agus. Biasanya pemasangan aluminium foil dilakukan di bawah genteng untuk menghindari rembesan air kebawah.

Agus menambahkan, kerapatan pemasangan genting juga harus diperhatikan. Semakin rapat genting maka semakin bagus sebab air hujan tidak akan merembes ke dalam rumah. Selain itu. Pada saat pemasangan sebaiknya memakai campuran semen atau lemkra, semacam waterproofng. Kualitas tenaga pemasang genting juga penting. Pilih pemasang genting yang mahir agar hasilnya bagus dan sesuai harapan.

Hindari Bocor Dengan Genting Full Flat

Saat ini, sudah tersedia jenis genting datar atau full flat. Produsen genting yang mengeluarkan jenis genting full flat diantaranya Kanmuri dan Marusugi. Kelebihan genting jenis ini adalah persinggungan atap atau overlap yang lebih panjang dari genting biasa sehingga meminimalisasi celah masuknya air. Genting ini juga dilengkapi teknologi double interlocking sehingga pengaplikasian di area nok tidak perlu menggunakan adukan semen lagi. Akan tetapi, untuk jenis genting harganya lebih mahal dibandingkan jenis genting keramik biasa. Genting full flat dibanderol mulai dari Rp20.000/buah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *