Jangan abaikan ketepatan saat pemasangan genting. Memasang genting asal-asalan akan mengundang masalah besar pada atap rumah Anda. Keberadaan penutup atap di sebuah rumah memiliki peran yang sangat vital dalam melindungi rumah dari penyebab bocor. Ada kesalahan sedikit saja, maka kebocoran akan siap menyerang rumah Anda. Selain material penutup atapnya, Anda juga harus memerhatikan kontruksi atapnya.

Baca juga “ Jual Genset Bali

Selain kontruksi atapnya harus mampu menahan beban atap, air, dan angin, rangka juga harus stabil, kokoh, dan kaku. Ini yang membuat atap rumah Anda terhindar dari bocor. Kesalahan pemasangan juga mengundang risiko yang membuat rumah Anda bocor. Ya, sebagus apapun kualitas genting dan rangka yang Anda gunakan, tetapi pemasangannya tidak benar, maka rumah akan rentan terkena bocor. Masalah yang paling sering terjadi akibat pemasangan yang tidak tepat adalah genting melorot atau posisi genting tidak rata yang membuat air leluasa masuk ke dalam rumah.

Ikuti Aturan Standarnya

Genting melorot disebabkan oleh bentuk atap yang terlalu miring. Standar kemiringan atap adalah 30°—40°, jika lebih dari itu maka atap akan lebih mudah terlepas dari dudukan reng. Kemiringan kurang dari itu akan membuat air mudah masuk ke dalam genting. Karena,sirkulasi jalannya air di genting terlalu landai. Bentuk rangka, khususnya reng, perlu Anda perhatikan agar genting tidak melorot.

Reng yang digunakan untuk dudukan atap wajib lurus dan tidak melengkung. Untuk memudahkan saat pemasangan, gunakan waterpass sehingga rangka dan reng lurus sempurna. Untuk saat ini, disarankan menggunakan material rangka baja ringan dan bukan kayu. Muai-susut kayu yang tinggi dapat membuat bentuk rangka dan reng tidak stabil (melengkung). Apabila terjadi kesalahan pemasangan, sebaiknya lakukan pembongkaran total.

Anda harus mengatur ulang kemiringan atap sehingga menjadi lebih ideal dan sesuai dengan jenis atap yang akan Anda gunakan. Karena beda genting, beda pula kemiringan yang disarankan. Jangan lupa untuk memilih material genting yang berkualitas. Pilih genting yang dilengkapi lubang paku. Dengan begitu genting tidak akan mudah bergeser dan bisa dipasang lebih rapi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *