GSKILL ARES F3-1600C9D-8GAB

Tetap kencang meskipun berukuran minimalis. Memori besutan G.SKILL dengan seri ARES ini merupakan memori dengan peforma tinggi yang dirancang dengan bentuk dan dimensi low­profile. Memori G.SKILL ARES yang hadir di CHIP Test Center kali ini menggunakan pendingin heatspreader berwarna biru dengan ukuran minimalis sehingga tidak menyulitkan Anda jika menggunakan pendingin CPU berukuran besar. Di balik heatspreader berwarna biru yang mencolok, memori ini menggunakan PCB berwarna hijau, terlihat kurang seras dengan kombinasi warna biru.

Untuk spesifikasinya, modul memori ini memiliki spesifikasi kecepatan sebesar 1600 MHz dan timing 9­9­9­24 dengan voltase yang cukup rendah, 1.5v. Untuk menguji potensi overclock dari memori ini, CHIP mencoba beberapa pengaturan dengan membatasi kenaikan voltase yang tidak terlalu tinggi. Hasilnya, memori ini mampu berjalan stabil pada kecepatan 1600 MHz dengan timing 8­9­8­ 24 1T hanya dengan voltase 1.6v saja. CHIP mencoba menaikkan nilai frekuen sinya, namun hingga voltase mencapai 1,65v, memori ini masih belum cukup stabil untuk dapat berlari pada kecepatan 1866 MHz.

TTESPORTS POSEIDON MECHANICAL

TTESPORTS, anak perusahaan dari Ther maltake yang ditujukan khusus untukproduk periferal gaming kembali menghadirkan salah satu keyboard gaming mekanik terbaiknya, Poseidon. Keyboard ini terlihat kokoh dengan bahan dasar plastik dan lapisan krom hitam yang melekat pada seluruh bagian keyboard. Kesan kokoh dan tangguh semakin terasa ketika mengangkat keyboard ini. Hal ini dikarenakan bobot Poseidon yang mencapai 1 kg. Poseidon memiliki dimensi yang hampir sama dengan keyboard pada umumnya, 44 x 13,3 x 3,7 cm. Pada bagian atas keyboard terdapat deretan tombol multimedia yang berfungsi sebagai shortcut untuk menjalankan beberapa fungsi multimedia. Fungsi standar yang disediakan di antaranya play, pause, stop, volume up/down, dan mute.

Poseidon memiliki feature fully back­lit dengan LED berwarna biru yang terdapat di setiap tombol keyboard. Hal tersebut dapat memaksimalkan penggunaan di malam hari serta mempercantik tampilannya. Selain itu, tingkat kecerahannya juga dapat diatur melalui tombol F11 dan F1. Performa TteSPORTS terbilang sangat baik. Hal ini dikarenakan penggunaan switch cherry MX brown yang merupakan salah satu switch terbaik yang biasa digunakan untuk keperluan gaming. Tak mengherankan karena switch brown mampu memberikan tactile feedback dan actuation force yang sangat baik ketika digunakan. CHIP melakukan uji coba pada Poseidon. Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk dapat beradaptasi dengan keyboard yang memiliki interface USB 2.0 ini.

Poseidon juga sangat nyaman digunakan untuk jangka waktu pemakaian yang relatif lama. Feature penting lainnya, yakni anti ghosting memungkinkan Anda untuk menekan beberapa tombol sekaligus. Feature ini berguna ketika memainkan beberapa game yang membutuhkan Anda untuk menekan lebih dari satu tombol. Selain itu, pada bagian kanan atas keyboard terdapat tombol yang berfungsi untuk menonaktifkan Windows key. Tombol tersebut sangat berguna untuk mencegah kembalinya layar ke desktop jika tak sengaja menekan tombol Windows saat bermain game.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *